Lembaga Kebudayaan
Universitas Muhammadiyah Malang
Lembaga Kebudayaan
Universitas Muhammadiyah Malang

Jember

POTENSI BUDAYA JAWA TIMUR


5. Jember
 

  • Tari Lahbako
    Tarian Lahbako merupakan tarian khas Jember yang menggambarkan petani sedang menanam dan mengolah tembakau yang merupakanproduksi ekspor dari Jember disamping kopi, karet, terpentin dan kakao. Tarian yang ditarikan oleh penari-penari remaja ini sering disajikan untuk menyambut tamu-tamu wisata di Kabupaten Jember.

  • Kuda Kencak Jember
    Masyarakat Jember mengenal Kuda Kencak sejak jaman penjajahan. Kuda Kencak dipergunakan untuk menghibur masyarakat tatkala ada kegiatan sunatan. Pengantin sunat diarak keliling desa untuk memenuhi sanak kerabatnya dengan menaiki Kuda Kencak. Sekarang ini seni Kuda Kencak sudah berkembang tidak hanya untuk masyarakat yang puna hajatan sunatan tapi juga pawai-pawai dan festival. Dengan kata lain seni Kuda Kencak sudah menjadi atraksi pariwisata.

  • Malem Ganjilan
    Malam lailatul qodar atau yang sering disebut malam seribu bulan bagi umat muslim dimaknai sebagai malam yang penuh rahmat. Banyak kegiatan dilakukan dalam rangka memeperbanyak amal ibadah di malam itu. Ada hal unik yang dilakukan oleh sebagian umat muslim di daerah Kota Jember yaitu maleman ganjil. Selepas sholat taraweh para jamaah biasanya berkumpul melingkar di emperan Mushola. Ditengah-tengah mereka terkumpul beberapa tumpeng yang sudah dibawa oleh para jamaah. Setelah semua jamaah berkumpul imam sholat taraweh kemudian akan membacakan beberapa doa atau tahlil yang kemudian diamini oleh para jamaah. Selesai memanjaatkan doa maka acara makan tumpeng bersama pun dimulai. Tampak begitu akrab mereka membagi makan yang ada, kemudian menikmatinya bersama-sama.
Shared: