Lembaga Kebudayaan
Universitas Muhammadiyah Malang
Lembaga Kebudayaan
Universitas Muhammadiyah Malang

Pasuruan

POTENSI BUDAYA JAWA TIMUR


18. Pasuruan
 

  • Sky Lot (Selancar Lumpur)
    Atraksi ini merupakan olahraga tradisional masyarakat nelayan pantai Lekok yang dikenal dengan nama Ski Lot (ski diatas Lumpur), atraksi ini biasanya digelar setiap tahun pada hari Lebaron Ketupat, arena atraksi ini berupa lahan yang penuh Lumpur dari bekas tambak yang dikeringkan airnya dan lomba ini selalu berlangsung dengan serunya, pesertanya tidak hanya laki-laki tetapi juga wanita dan pada saat yang sama di pantai Lekok juga diadakan Lomba Payung dan Perahu Hias.


  • Tari Ujung
    Kesenian ini merupakan perpaduan antara kesenian, olahraga dan beladiri, biasanya dilakukan oleh masyarakat Tengger untuk memeriahkan acara-acara hajatan masyarakat desa dan pada hari-hari besar agama Hindu Tengger. Atraksi ini menunjukan kekebalan seseorang terhadap pukulan rotan tanpa menimbulkan cedera/bekas, biasanya dilakukan oleh dua orang pendekar yang saling berhadapan dengan diiringi tabuhan.


  • Tari Terbang Rudat
    Tari ini merupakan kesenian bernafaskan agama Islam yang dibawakan oleh para remaja, merupakan kesenian yang diiringi dengan musik terbang dengan lagu sanjungan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesenian ini berkembang di daerah Purwodadi Kabupaten Pasuruan.


     
Shared: