2016/06/17 06:24:40
RENCANA STRATEGI |
LEMBAGA KEBUDAYAAN |
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG |
A. Dasar Pemikiran |
Kebudayaan membangun sebuah peradaban masyarakat yang berkemajuan. Dalam kebudayaan akan ditemui tata nilai sebagai produk pemikiran manusia yang dianggap baik dan berguna sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat. Tata nilai mencakup etika, estetika, dan logika. Etika mengatur tata kehidupan manusia dalam bermsyarakat dan berbangsa, sedangkan estetika berkaitan dengan keindahan yang bermuatan etis. Adapun logika adalah cara berpikir manusia yang didasarkan pada nalar/rasio. Pada praktiknya ketiga tata nilai tersebut harus berada dalam keseimbangan agar diperoleh kemanfaatan. Perkembangan kebudayaan demikian pesat sesuai dengan dinamika kehidupan manusia. Tidak dipungkiri bahwa perkembangan kebudayaan dapat berdampak positif maupun negative. Pada dasarnya perguruan tinggi berperan sebagai lembaga akademik yang memiliki mimbar akademik dan kebebasan akademik. Kedua hal tersebut memberikan kesempatan untuk berkembang dan mengevaluasi atas tata nilai yang berlaku dalam masyarakat. Evaluasi tersebut dapat dilakukan secara intensif baik melalui diskusi, seminar, lokakarya, penelitian maupun aksi nyata. Hal ini sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitianm maupun pengabdian pada masyarakat).secara keseluruhan implementasi kegiatan dilaksanakan melalui sinergi berbagai pihak baik internasional maupun eksternal universitas (regional, nasional, maupun internasional). |
B. Visi |
Menjadi pusat unggulan dalam pengembangan kebudayaan yang mliputi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta mendasarkan diri pada nilai-nilai keislaman dalam menghadapi perubahan dan tuntutan zaman. |
C. Misi |
1. Melakukan kajian-kajian kritis tentang studi budaya secara berkesinambungan berwawasan nilai keislaman. 2. Melakukan riset kebudayaan nasioanl dan mendiseminasikan hasil-hasil penelitian baertaraf nasional dan internasional. 3. Menyelenggarakan seni local berwawasan global sebagai identitas jati diri bangsa. 4. Mengembangkan pariwisata berbasis budaya. 5. Menjalis kerjasama dengan pihal yang terkait dalam pengembangan riset, kajian, serta pemikiran kebudayaan baik di tingkat regional, nasional, dan internasional. |
D. Tujuan Program |
1. Menghasilkan tradisi kritis dalam penyelenggaraan pendidikan berbasis kebudayaan. 2. Mempublikasikan riset kebudayaan bertaraf nasional dan internasional. 3. Melestarikan dan mengembangkan kesenian local yang berwawasan global. 4. Menyusun strategi pengembangan pariwisata berbasis budaya yang berwawasan keislaman. 5. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terikat dalam pengembangan riset, kajian, serta pemikiran kebudayaan baik di tingkat regional, nasional, dan internasional yang saling menguntungkan. |
E. Target |
1. Terciptanya tradisi kritis dalam penyelenggaran pendidikan berbasis kebudayaan. 2. Menghasilkan karya publikasi riset kebudayaan bertaraf nasional dan internasional. 3. Pelestarian dan pengembangan kesenian local yang berwawasan global. 4. Tersusunnya strategi pengembangan pariwisata berbasis budaya yang berwawasan keislaman. 5. Terbentuknya kerjasama yang baik dengan berbagai pihak yang terkait dalam pengembangan riset, kajian, serta pemikiran kebudayaan baik di tingkat regional, nasional, dan internasional yang saling menguntungkan. |
F. Program Kerja |
Program kerja Lembaga Kebudayaan dilaksanakan oleh tiga divisi sebagai berikut. |
MATRIK RENCANA STRATEGI LEMBAGA KEBUDAYAAN |
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG |
2014-2019 |
Sasaran dan Strategi Pencapaian |
Divisi Kajian Ilmiah, Jurnal, dan Penelitian |
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
A.1 |
Kajian Interdisipliner Pengembangan wawasan Kebudayaan |
85% Dosen melakukan kajian interdisipliner studi budaya |
10 Fak |
10 Fak |
10 Fak |
10 Fak |
10 Fak |
Kajian Interdisipliner Studi Budaya |
1) Terwujudnya masyarakat akademik yang konsen pada pemikiran kebudayaan
2) Kumpulan makalah
3) Inisiasi penyususnan Jurnal Ilmiah |
Lembaga Kebudayaan dan Fakultas |
A.2 |
Kajian Kebijakan Publik Strategi Kebijakan Pemerintah di Bidang Kebudayaan |
Pemerintah, pelaku budaya, pakar pendidikan, permerhati kebudayaan, agamawan, dll |
|
Malang Raya |
|
Jawa Timur |
|
Sarasehan/ Diskusi Panel |
Rekomendasi kebijakan di bidang kebudayaan di tingkat |
Lembaga Kebudayaan, Dinas Pariwisata |
A.3 |
Pemetaan Seni Budaya dan Pariwisata |
Dinas Pariwisata Malang Raya |
Kota Malang |
Kabupaten Malang |
Kota Batu |
|
|
|
Laporan Penelitian Buku Potensi Seni Budaya dan Pariwisata Malang Raya |
Lembaga Kebudayaan, Lab Ilmu Pemerintahan |
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
A.4 |
Seminar Internasional, Nasional dan Lokakarya Regional
A.4.1 Seminar Internasioanal Membangun Peradaban Bangsa melalui Politik Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional. |
Dosen, Mahasiswa S2, Pakar dan Pemerhati Pendidikan Nasioanl, Guru, Pemerhati Sastra, Sastrawan dan Pemerintah |
Seminar di UMM |
|
|
|
|
Seminar Internasional |
Prosiding ISBN Rekomendasi ke Kemendikbud Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional |
Lembaga Kebudayaan, Prodi daan S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Prodi Ilmu Pemerintahan |
|
A.4.2 Seminar Nasional Seri I Symphosium Strategi Budaya dalam Menyongsong AFTA. |
Pemerhati Budaya, Budayawan, Sejarawan, Ekonom, Akademisi teknokrat, dan pemerintah |
|
Seminar di UMM |
|
|
|
Seminar Nasional |
Prosiding ISBN Inisiasi Jurnal Nasional |
Lembaga Kebudayaan dengan Prodi PKn |
|
A.4.3 Seminar Nasional Seri II Pendidikan Karakter Bangsa yang Berbasis Budaya pada Kurikulum Pendidikan dasar dan Menengah |
Akademisi, guru, sastrawan, budayawan, pakar pendidikan, pemerhati pendidikan, dan pendidikan |
|
|
Seminar di UMM |
|
|
Seminar Nasional Pameran Hasil Karya Sastra. |
Prosiding ISBN Inisiasi Jurnal Nasional |
Lembaga Kebudayaan dengan Prodi Bahasa Indonesia |
|
A.4.4 Seminar Nasional Seri III Symphosium Sastra dan Bahasa |
BUdayawan, sastrawan, pemerhati sastra, guru, akademisi |
|
|
|
Seminar di UMM |
|
Seminar Nasional |
Prosiding ISBN Inisiasi Jurnal Nasional |
Lembaga Kebudayaan dengan FAI |
|
A.4.5 Seminar Nasional Seri V Penggalian Potensi Seni Budaya, Pariwisata dan Religi dalam Kerangka Pembangunan Karakter Bangsa. |
Pemerintah, Kalangan akademis, budayawan, agamawan, pemerhati seni, dan guru |
|
|
|
|
Seminar di UMM |
Seminar Nasional |
Prosiding ISBN Inisiasi Jurnal Nasional |
Lembaga Kebudayaan dengan Fakultas ISIP |
|
A.4.6 Lokakarya Regional Membangun Budaya Hukum yang Bermartabat Bagi Organisasi Perempuan Se-Jawa Timur |
Anggota Aisyiyah Jawa Timur, LP3A Kota dan Kabupaten |
Semilok UMM |
|
|
|
|
Seminar dan lokakarya (Capacity Building Regional) |
Rekomendasi dan M.oU dengan organisasi wanita dan atau social keagamaan |
Lembaga Kebudayaan, LP3A UMM, PWA Jawa Timur |
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
A.5 |
Penerbitan jurnal dan Buletin
A.5.1 Penerbitan Jurnal dan Perintisan Jurnal Kebudayaan
A.5.2 Penerbitan Buletin Studi Budaya |
a. Jurnal terakreditasi nasional
b. Buletin ISSN |
|
a. Terbit Jurnal
b. Terbit Buletin |
|
|
|
Menghimpun dan menerbitkan karya-karya pemikiran hasil kajian intensif kebudayaan, hasil penelitian, dan lain-lain. (terbit secara periodik setahun dua kali) |
Jurnal Lemabaga Kebudayaan |
Lembaga Kebudayaan |
A.6 |
Pusat Informasi dan Perpustakaan
Pengembangan Perpustakaan LK |
Optimalisasi Perpustakaan Lk |
Perpus LK |
Perpus LK |
Perpus LK |
Perpus LK |
Perpus LK |
Pengadaan Bahan pustaka cetak dan elektronik |
Pusat Informasi dan REferensi Kebudayaan |
Lembaga Kebudayaan |
A.7 |
Penyususnan Buku Batik |
Dekranasda Propinsi Jawa Timur cq Dinas Perindustrian dan Perdagangan |
Terbit Buku Batik |
|
|
|
|
Menyususn berbagai motif batik Jawa Timur dengan menggunakan dua abahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia) |
Buku Khasanah Motif Batik Jawa Timur |
Lembaga Kebudayaan dengan Dekranasda Jawa Timur |
B. Divisi Pengembangan Pendidikan Berbasis Budaya
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
B.1 |
Peningkatan Kompetensi Guru Pelatihan Mendongeng bagi guru PAUD |
Guru Paud se-Malang |
|
UMM |
|
|
|
Pelatihan Mendongeng |
Komunitas Guru mampu mendongeng pada siswa PAUD |
Lembaga Kebudayaan dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Ilmu Komunikasi |
B.2 |
Penyususnan Media Pembelajaran berbasis budaya |
Guru TK se-Malang Raya (Jawa Timur) |
|
|
UMM |
|
|
Pelatihan Membuat media Berbasis Budaya |
Komuniatas Guru mampu menyusun media yang berbasis budaya |
Lembaga Kebudayaan dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Ilmu Komunikasi |
B.3 |
Lokakarya Kurikulum Seni Budaya bagi Guru SD |
Guru SD Muhammadiyah se-Jawa Timur |
|
UMM |
|
|
|
Lokakarya |
Komunitas guru menyusun Kurikulum Seni Budaya dalam perspektif Muhammadiyah |
Lembaga Kebudayaandengan PWM Jatim Majelis Dikdasmen |
B.4 |
Capacity Building Integrasi Dakwah Kultural dalam Pendidikan |
Guru SMA Muhammadiyah se-Jawa Timur |
|
|
|
|
UMM |
Capacity Building |
Komuniats Guru mampu mendesain integrasi dakwah cultural dalam penyelenggaraan pendidikan |
Lembaga Kebudayaandengan PWM Jatim Majelis Dikdasmen |
B.5 |
Studi Lintas Budaya antar Negara |
Dosen Pengelola dan Tim LK |
|
|
|
|
LN |
Studi Banding |
M.oU, Pertukaran SDM Bidang Budaya |
Lembaga Kebudayaan dengan Pusat Studi Budaya Luar Negeri |
C. Divisi Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Seni Pertunjukan, dan Pariwisata
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
C.1 |
Pelestarian Seni Budaya dan bangsa |
Siswa, mahasiswa, peminat seni, peminat budaya, dan masyarakat umum |
kursus |
kursus |
kursus |
kursus |
kursus |
a. Kursus Tari
b. Kursus Karawitan
c. Kursus Batik
d. Kursus Pedalangan
e. Pengembangan teater kampus |
Soft skill Seni Budaya Inisiasi Komunitas Seni |
Lembaga Kebudayaan dan Mawa (Bakat dan Seni) |
C.2 |
Pembinaan dan Pendampingan terhadap Kesenian Rakyat |
Pelaku Macapat Malangan, Dosen dan Karyawan UMM |
Karawitan |
|
Macapat Malangan |
|
|
Festival Macapat Malangan |
Komuniats Karawitan dan Macapat Malangan |
Lembaga Kebudayaan |
C.3 |
Festival dan Apresiasi seni nusantara |
Mahasiswa UMM dan seniman, serta masyarakat peminat seni |
|
|
UMM |
|
|
Inagurasi Budaya Nusantara |
Pusat Dokumentasi dan Informasi Budaya Nusantara |
Lembaga Kebudayaan dan MAWA (Bakat dan Minat) |
C.4 |
Festival Batik Jawa Timur |
Pengrajin batik |
UMM |
|
|
|
|
1. Pameran batik
2. Seminar batik
3. Lomba desain batik
4. Lounching buku batik
5. Lomba melukis dan mewarnai batik |
Jejaring dengan Dekranasda Propinsi Jawa Timur |
Lembaga kebudyaan dengan dekranasda propinsi jawa timur |
C.5 |
Pengembangan wisata kampus: budaya, akademik dan religi |
Mahasiswa UMM |
|
Seleksi duta wisata, dan pemandu wisata |
Seminar pariwisata |
Pelatihan pemandu wisata |
|
1. Seleksi duta wisata
2. Seminar pariwisata
3. Pelatihan
4. Pusat infoemasi wisata |
Persiapan duta wisata jatim |
Lembaga kebudayaan dan Mawa (Bakat dan minat) |
No |
Program |
Sasaran |
Tahun |
Strategi |
Hasil |
Pelaksanaan Kegiatan |
||||
I |
II |
III |
IV |
V |
||||||
C.6 |
Perintisan dan HAKI Terhadap hasil budaya |
Pengrajin Batik dan seni Tradisional |
|
|
|
UMM |
|
Pelatihan penyusunan dan pengajuan HAKI |
HAKI hasil seni tradisional |
Lembaga kebudayaan dengan sentra HAKI UMM |
C.7 |
Perintisan dan pendampingan kampong wisata di Batu |
Masyarakat Batu |
Identifikasi |
perintisan |
pendampingan |
Pendampingan |
pendampingan |
1. Indentifikasi Kawasan budaya dan Pariwisata
2. Pendampingan dan Pengelolaan serta pengembangan Organisasi maupun Budaya |
Kampung Wisata unggulan |
Lembaga Kebudayaan, PSLK dengan Dinas Pariwisata Kota Batu |
C.8 |
Festival Kriya Etnik Nusantara |
Pengrajin Kriya Etnik |
|
|
UMM |
|
|
1. Pameran Kriya Etnik
2. Seminar Kriya Etnik |
Jejaring dengan Dekranasda Pusat dan Propinsi Jawa Timur |
Lembaga kebudayaan dan Dekranasda Pusat dan Propinsi Jawa Timur. |
C.9 |
Festival Budaya Pacitan |
Seniman, Budayawan |
|
Eksplosari potensi budaya |
|
|
|
Promosi potensi budaya sebagai asset pariwisata |
Jejaring dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan M.oU |
Lembaga Kebudayaan, PSLK dengan Dinas Pariwisata dan Dinas Pendidiakan dan Kebudayaan |
C.10 |
Pemetaan Seni Budaya Klasik dan Modern |
Mahasiswa, Seniman, Pemerhati Seni |
|
UMM |
|
|
|
Pentas Seni Klasik dan Modern |
Kemandirian UKM Seni |
Lembaga Kebudayaan dan Mawa (Bakat dan Minat) |
C.11 |
Pementasan Seni Budaya”Bedhayan” sebagai cirri Khas UMM |
|
|
|
UMM |
|
|
Recital Tari diawali dengan Dialog dengan tokoh Muhammadiyah |
Komuniats Bedhayan Khas UMM |
Lembaga Kebudayaan dan Mawa (Bakat dan Minat) |